Jakarta, Oke Informasi – Apple berencana meluncurkan konsol game, dan tampaknya Apple memiliki ambisi untuk menandingi kesuksesan Nintendo Switch. Sehingga dikabarkan Apple sedang mengembangkan konsol genggam untuk bersaing dengan Nintendo Switch dan Steam Deck buatan Valve.

Laporan itu mengatakan konsol Apple akan menjadi perangkat hybrid, kombinasi dari Switch dan PS5 Sony dan bekerja dengan headset AR / VR.

Sumber tersebut juga mengklaim bahwa Apple telah memulai pengembangan beberapa judul dan memiliki studio besar di dalamnya. Bahkan, alternatifnya untuk Breath of the Wild dan Mario Odyssey hampir siap untuk digunakan.

Seperti diketahui Apple telah meluncurkan layanan berlangganan bermain game Apple yakni Arcade dua tahun lalu. Layanan terbaru ini dikenalkan di ajang Apple Event 2019 baru-baru ini.

Dilaporkan Pocket Gamer, Arcade dapat diunduh di Apple Store. Apple Arcade tampil sebagai dukungan sekaligus layanan ekosistem game yang eksklusif untuk produk-produk Apple.

Jadi, semua game di Apple Arcade akan bisa diunduh dan dimainkan pada seluruh produk Apple mobile, desktop ataupun lewat televisi di ruang keluarga. Jadi bisa dimainkan di iPhone, iPad, Mac dan Apple TV tanpa tergantung koneksi internet.

Bukan tanpa alasan Apple mengeksklusifkan layanan ini. Hadirnya layanan ini tidak terlepas banyaknya pengguna iOS yang mengunduh game di App Store. Menurut data Apple, jumlahnya mencapai satu miliar orang.

Untuk mendukung Apple Arcade, perusahaan yang berbasis di Cupertino ini juga sudah bekerja sama dengan sejumlah pengembang untuk memproduksi judul game sendiri. Beberapa rekanan dalam layanan ini adalah Disney, Konami, dan Lego.
Meskipun disebut langganan berbayar, game di Apple Arcade tidak disajikan dengan streaming. Penggunanya tetap harus mengunduh game di Apple Arcade dan bisa dimainkan secara online.

Baca Juga  Bersama Singapura, Indonesia Pimpin Pertumbuhan Pendanaan Fintech di Asia Tenggara – Oke Informasi

Game di Apple Arcade hanya bisa diakses lewat langganan berbayar karena game tersebut tidak termasuk jenis freemium atau gratis.

Namun daripada membeli satu per satu game yang ada, Apple Arcade memberikan kebebasan untuk mengunduh semua game. Layanan ini akan tersedia di 150 negara pada musim gugur mendatang atau sekitar September.

By Salman Pangestu

Atau biasa dipanggil Salman. Sebuah nama yang menjadi terciptanya blog sederhana ini. Semoga apa yang saya share dan posting diblog ini bisa membawa manfaat bagi para pembaca. dan juga semoga betah berlama-lama di blog ini ya ^_^