Pengguna Windows kini bisa secara gratis dan secara legal meng-upgrade software-nya dari Windows 10 ke Windows 11. Microsoft mulai menawarkan peningkatan gratis Windows terbaru pada perangkat komputer baru yang masih menggunakan Windows 10.

Tetapi sebelum melakukannya, pengguna harus memperhatikan spesifikasi yang memenuhi syarat untuk bisa di-upgrade, yakni perangkat harus kompatible dengan Windows 11.

Untuk melihat status laptop yang sudah support Windows 11 bisa melalui software PC health check, yang bisa didownload di internet.

Selain itu pengguna juga bisa mengecek spesifikasi pada perangkat komputer langsung. Setidaknya laptop dibekali CPU Intel 8th Gen Coffee Lake atau Zen 2 dan yang terbaru, dukungan TPM 2.0 (Trusted Platform Module), RAM 4GB, dan penyimpanan 64GB.

Persyaratan tersebut membuat jutaan PC tidak bisa upgrade OS ke Windows 11.

bisa upgrade windows 11 dari windows 10
Microsoft juga sedang melakukan berbagai perbaikan secara bertahap dalam perilisan Windows 11, sehingga peningkatan gratis tidak akan ditawarkan ke semua PC yang jelas-jelas sudah kompatibel. Namun menurut Microsoft mulai pertengahan 2022, semua PC yang dipasarkan dan memenuhi syarat, harus sudah terinstall Windows 11.

Berikut adalah cara mendapatkan Windows 11, jika PC anda kompatibel dan masih terinstall Windows 10 dan juga perangkat yang diizinkan untuk bisa meningkatkan ke Windows 11. Ikuti langkah berikut:

Untuk memastikan, coba periksa apakah PC Anda secara resmi didukung melalui aplikasi Microsoft Health Check PC.
Cadangkan semua dokumen, aplikasi, dan data penting Anda.
Di PC Windows 10 Anda, buka Pengaturan> Perbarui & Keamanan> Pembaruan Windows.
Periksa pembaruan OS Windows.
Jika pemutakhiran Windows 11 gratis tersedia, Anda akan melihat opsi untuk mengunduh dan menginstal.
Klik unduh dan instal.
Dan yang terakhir, ikuti petunjuk di layar dan konfigurasikan pengaturan Windows 11.
Jika Anda tidak melihat pilihan upgrade gratis ke Windows 11, tapi perangkat komputer Anda sudah memiliki kelayakan dari segi spesifikasi, maka Anda mungkin harus berhenti menggunakan fitur Microsoft’s new Installation Assistant.

Baca Juga  Penelitian Temukan Smartphone China Punya Pendeteksi Isu Politik

By Salman Pangestu

Atau biasa dipanggil Salman. Sebuah nama yang menjadi terciptanya blog sederhana ini. Semoga apa yang saya share dan posting diblog ini bisa membawa manfaat bagi para pembaca. dan juga semoga betah berlama-lama di blog ini ya ^_^

Leave a Reply