Ketika Anda sedang menginstall sebuah aplikasi baru di ponsel android, pernahkah Anda mengalami kondisi ‘app not installed’ atau ‘error parsing file’? Mengapa hal tersebut bisa terjadi dan adakah cara mengatasi application not installed android tersebut?

Application not installed atau error parsing file yang terjadi pada sebuah smartphone android bisa muncul karena Os yang belum terupdate, kondisi file aplikasi yang buruk, salah tempat instalasi, atau memori ponsel penuh. Namun tenang saja karena semua itu bisa diatasi. Seperti apa cara mengatasi application not installed android yang paling tepat? Berikut informasinya!

Cara Mengatasi Application Not Installed Android

Reboot HP Anda

Cara mengatasi application not installed android yang pertama bisa dilakukan adalah dengan jalan ninja yang banyak ditempuh yaitu reboot. Hal ini karena mereboot smartphone artinya merefresh memory dan juga RAM pada sistem operasi android Anda. Dengan begitu handphone Anda dapat bekerja secara normal kembali.

Cek kualitas Apk

Bisa jadi application tak dapat terinstall terjadi karena kualitas aplikasi yang tidak bagus. Oleh sebab itu pastikan agar kualitas Apk yang Anda install sudah benar – benar terdownload atau sudah tercopy secara sempurna pada HP android sebelum Anda gunakan.

Periksa dulu tempat instalasi aplikasi

Agar ketika instalasi aplikasi dilakukan tidak terjadi crash yang dapat berdampak pada aplikasi yang tidak terinstall secara sempurna, ada baiknya Anda biarkan dulu sistemnya mengatur tempat instalasinya. Kecuali jika memang Anda sudah benar – benar yakin baru Anda bisa mengaturnya sendiri secara manual.

Periksa versi OS Anda

Pastikan Anda lakukan pengecekan kembali apakah sistem operasi android Anda sudah benar – benar dalam kondisi kompatibel dengan suatu aplikasi atau tidak. Biasanya, informasi yang diberikan akan tersedia pada bagian detail aplikasi yang terdapat di Google Play Store.

Baca Juga  Cara Membuat Lirik Lagu di Pemutar Musik di Android

Nah, versi OS yang belum kompatibel dengan aplikasi juga dapat menjadi salah satu aspek yang menyebabkan aplikasi tidak dapat terinstall secara sempurna pada ponsel android.

Periksa bagian SD card ponsel

Ada baiknya untuk Anda memastikan agar SD card sudah benar – benar Anda masukkan secara sempurna pada badan ponsel dan tidak berkerak ketika Anda masukkan. Hal ini penting karena performa dan kondisi SD card yang tidak dalam kondisi prima akan sangat berbahaya bagi sistem ketika Anda instalasi aplikasi tersebut.

Bersihkan memory di HP

Aplikasi dan file yang sekiranya sudah sangat jarang atau bahkan tidak digunakan lagi harus segera Anda pilah dan Anda hapus dari ponsel android Anda. Jika memang Anda adalah orang yang suka menyimpan segala macam kenangan tidak penting di HP, pastikan HP Anda adalah ponsel yang memiliki kapasitas memori besar dan lapang sehingga tidak akan mengalami masalah memori penuh yang mengakibatkan berbagai masalah termasuk masalah aplikasi tidak dapat terinstall dengan baik pada HP.

Hapus versi lama aplikasi

Jika Anda memang menginstall aplikasi yang sebelumnya sudah terdapat versi lama pada ponsel android, Anda juga harus menghapus versi lama yang terlebih dahulu terdownload agar tidak sampai terjadi suatu konflik atau crash antara aplikasi versi lama dengan yang baru.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi application not installed android yang paling tepat. Anda bisa terapkan cara di atas untuk mengatasi masalah aplikasi tak terinstall.

By Salman Pangestu

Atau biasa dipanggil Salman. Sebuah nama yang menjadi terciptanya blog sederhana ini. Semoga apa yang saya share dan posting diblog ini bisa membawa manfaat bagi para pembaca. dan juga semoga betah berlama-lama di blog ini ya ^_^

Leave a Reply