Portable Document File atau PDF merupakan salah satu format file yang biasanya digunakan pada CV, tugas kuliah dan berkas lainnya. Hal ini bertujuan agar format file tidak berubah – ubah dan tetap asli.

Cara Memperkecil Ukuran PDF Di Android

Kekurangan dari format PDF ini adalah terkadang file memiliki kapasitas dan ukuran yang sangat besar, sehingga tidak pas untuk format yang kalian inginkan.

Akan tetapi bisa disiasati dengan mengikuti cara memperkecil ukuran PDF Di android di bawah ini.

Aplikasi ILovePDF

Aplikasi ini dapat kalian download di google play store. Hal yang perlu kalian catat adalah aplikasi ini haruslah tersambung dengan internet dalam hal penggunaannya. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Download aplikasi ILove PDF pada play store kalian.
  2. Buka aplikasi ILove PDF dan pilihlah menu Kompres PDF pada beranda utama di aplikasi.
  3. Kemudian pilihlah file PDF yang akan kalian perkecil atau kompres dengan memilih opsi melalui Dropbox, Google Drive, atau memori internal pada HP.
  4. Maka selanjutnya adalah dengan mengetuk ikon + dan kemudian pilih filenya.
  5. Jika sudah maka klik tombol Berikutnya.
  6. Kemudian ketuk pada opsi Kompresi dan pilih jenis kompresi apa yang akan kalian gunakan. Ada kompresi ekstrem, kompresi yang disarankan, dan kompresi rendah.
  7. Tunggu beberapa saat. Jika sudah maka akan muncul kata Selesai.

Aplikasi PDF Compressor

Fungsi aplikasi ini sama dengan aplikasi sebelumnya yaitu untuk memperkecil dan melakukan kompres pada ukuran PDF. Aplikasi ini sangat mudah dioperasikan. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Download aplikasi PDF Compressor pada play store kalian.
  2. Buka aplikasi PDF Compressor dan impor file melalui OneDrive, Box, Drive atau penyimpanan internal pada perangkat.
  3. Kemudian pilihlah file dan secara otomatis akan dikirim ke bagian server Compress PDF.
  4. Tunggu beberapa saat dan file hasil kompres akan secara otomatis terdownload pada perangkat HP kalian.
  5. Jika kalian sudah menerima filenya maka aplikasi Compress PDF akan menghapus file kalian dari server. Bagaimana? Mudah bukan?
Baca Juga  Cara Menampilkan Lirik Lagu di HP Vivo Dengan Mudah

Keunggulan dari aplikasi ini adalah kompresi dapat dilakukan secara gratis dengan ketentuan waktu, proses kompresi juga hanya memakan waktu beberapa detik saja, dan jumlah kompresi tidak terbatas.

Aplikasi ini sangat ramah terhadap perangkat android kalian karena tidak terlalu membebani baterai atau prosesor. Akan terapi kekurangannya, tidak semua file dapat dikompres dengan aplikasi ini, jadi kalian perlu teliti ya!

Selain melalui aplikasi, kalian juga dapat memperkecil ukuran PDF melalui situs bernama Smallpdf.

Situs Smallpdf

Situs Smallpdf merupakan salah satu situs yang bisa diakses melalui HP bahkan laptop. Tentunya proses ini melewati proses online. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Ketik keyword Kompres PDF Smallpdf pada google, atau kalian bisa mengakses langsung melalui https://smallpdf.com/id/mengompres-pdf/ pada web di HP kalian.
  2. Jika sudah maka akan ditampilkan gambar dengan kata – kata Letakkan PDF di sini dan Pilih file.
  3. Untuk perangkat android pilihlah Pilih file kemudian cari file mana yang akan kalian perkecil atau kompres ukurannya.
  4. Jika sudah secara otomatis file PDF kalian akan terunggah dan langsung terkompres.
  5. Apabila kalian masih merasa belum puas dengan ukuran file, maka kalian dapat mengulanginya kembali hingga mendapatkan ukuran sesuai keinginan kalian.
  6. Kemudian ketuk Unduh File Sekarang. Setelah itu file akan terunduh langsung ke perangkat HP kalian. Bagaimana? Mudah bukan?

Begitulah Cara memperkecil ukuran PDF di android. semoga dapat bermanfaat.

 

 

By Salman Pangestu

Atau biasa dipanggil Salman. Sebuah nama yang menjadi terciptanya blog sederhana ini. Semoga apa yang saya share dan posting diblog ini bisa membawa manfaat bagi para pembaca. dan juga semoga betah berlama-lama di blog ini ya ^_^