Smartphone memudahkan siapapun untuk mengubah file dari JPG ke PDF. Ada alat tertentu yang dapat Anda gunakan untuk mengubah foto menjadi sebuah dokumen PDF. Tanpa harus mengubah file JPG secara manual di komputer, Anda bisa kok mengubah file JPG ini menjadi PDF dari smartphone. Penasaran seperti apa caranya?

Cara Merubah File JPG ke PDF di Android

Beberapa cara untuk merubah file JPG ke PDF dengan mudah

Cara Merubah File JPG ke PDF di Android dengan Google Foto

  1. Pastikan bahwa aplikasi Cloud Print dan Google Foto sudah terinstal di smartphone Anda.
  2. Gambar JPG yang perlu dikonversi ke PDF harus dibuka dengan aplikasi Google Foto.
  3. Anda dapat mengklik tiga titik di sudut kanan atas, dan memilih opsi “Cetak”.
  4. Sebagai alternatif, Anda juga dapat mengetuk tombol “Bagikan” yang dapat ditemukan di sisi kiri bawah layar.
  5. Setelah itu klik tombol “Lainnya” kemudian pilih opsi “Cetak”.
  6. Setelah tombol “Cetak” selesai, maka Anda bisa mengklik tombol “Select a Printer” yang dapat ditemukan di sisi kiri atas layar.
  7. Baru setelah itu pilih opsi “Save as PDF”.
  8. Secara otomatis Google Foto dapat mengatur Salinan, Ukuran Kertas, Warna, Orientasi, dan Halaman sesuai preferensi.
  9. Anda  cukup mengklik ikon panah yang mengarah ke bawah, sebelum menekan tombol “PDF” berwarna hijau.
  10. Anda kemudian dapat menyimpan file PDF di Android, baik di penyimpanan internal atau eksternal dengan memasukkan nama file, dan mengklik opsi “Simpan”.

Cara Merubah File JPG ke PDF dengan JPG to PDF Converter

Selain menggunakan Google Photo, Anda bisa mengubahnya file JPG Anda dengan aplikasi JPG to PDF Converter, caranya :

  1. Unduh dan instal aplikasi JPG to PDF Converter di Google Play Store. s. Ukuran aplikasinya sangat kecil sehingga hanya perlu waktu beberapa detik untuk menginstalnya.
  2. Buka aplikasi setelah dipasang. Aplikasi akan meminta Anda untuk mengizinkan akses penyimpanan di ponsel Anda.
  3. Klik tombol FILES
  4. Pilih foto yang ingin Anda ubah ke PDF. Dengan aplikasi ini, Anda dapat memilih maksimal 999 gambar. Pastikan untuk memilihnya dalam urutan yang Anda inginkan untuk muncul di dokumen PDF Anda.
  5. Jika ada banyak gambar yang ingin diubah, maka gunakan opsi SORT.
  6. Klik tombol Done setelah Anda memilih semua gambar.
  7. Atur ukuran dan orientasi halaman. Secara default, ukuran halaman diatur sesuai gambar. Namun ada berbagai jenis ukuran halaman yang dapat Anda pilih seperti A4, Note, Letter, Legal, Postcard, dll. Anda juga dapat mengatur ukuran halaman sesuai kustom.
  8. Jika Anda telah memilih Sesuaikan Gambar sebagai ukuran halaman, aplikasi akan menyimpan gambar dalam ukuran defaultnya. Di sisi lain, jika Anda telah memilih ukuran tetap (seperti A4), aplikasi akan menambahkan latar belakang putih di belakang gambar agar pas di halaman.
  9. Setelah itu terapkan kompresi gambar dan tambahkan kata sandi. Khusus langkah ini opsional. Aplikasi memungkinkan Anda untuk menerapkan kompresi pada gambar agar mengurangi ukuran file PDF Tidak perlu mengompres gambar tetapi jika Anda tertarik, aktifkan tombol “Image Compression” dan sebutkan rasio persentase.
  10. Terakhir, ketuk tombol JPG to PDF Converter. Kecepatan konversi sebenarnya sangat cepat. Setelah konversi selesai, aplikasi akan secara otomatis membuka file PDF.
  11. File PDF yang disimpan otomatis akan ada di penyimpanan internal ponsel Anda.
Baca Juga  Kesal Pada Seseorang? Begini Cara Bom Chat WA di Android Tanpa Aplikasi

Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk mengubah file JPG ke PDF? Cukup gunakan dua cara di atas dan file gambar Anda sudah tersimpan dalam bentuk PDF.

 

By Salman Pangestu

Atau biasa dipanggil Salman. Sebuah nama yang menjadi terciptanya blog sederhana ini. Semoga apa yang saya share dan posting diblog ini bisa membawa manfaat bagi para pembaca. dan juga semoga betah berlama-lama di blog ini ya ^_^