Terkadang pemilik jaringan wifi mengkonfigurasikan wifi-nya agar tersembunyi sehingga nama wifi atau SSID-nya tidak terlihat. Ini dianggap sebagai perlindungan tambahan setelah penetapan kata sandi. Sederhananya, jaringan wifi yang tersembunyi adalah jaringan yang tidak terlihat dalam daftar jaringan yang tersedia. Untuk menghubungkannya, pengguna harus mengetahui dulu cara melihat wifi yang tersembunyi.

Sebenarnya, cara melindungi wifi dengan membuatnya tersembunyi adalah cara yang tidak terlalu efektif. Hal itu dikarenakan pada saat-saat tertentu nama wifi masih ditampilkan secara terbuka. Mari mulai dengan mengungkap fakta bahwa wifi yang tersembunyi tidak begitu tersembunyi. Jaringan wifi tersebut sangat mudah dilihat dengan 5 cara berikut ini:

1. Lihat Menggunakan Airodump-ng

Airodump-ng akan mentransmisikan jaringan (SSID) ke dalam bentuk teks yang jelas dan dapat tersambung selama koneksi client. Adapun client merupakan komputer desktop atau workstation yang mampu memperoleh informasi dan aplikasi dari server. Pengguna harus menunggu proses koneksi tersebut agar dapat terhubung secara alami. Namun pengguna juga dapat mempercepat prosesnya dengan melakukan “knock out(deauthenticate) dari Access Point (AP).

Setelah itu, Airodump-ng akan segera mulai terhubung kembali dan nama jaringan wifi (SSID) akan muncul dalam bentuk teks yang jelas. Jika sudah seperti ini, maka pengguna bisa dengan mudah tersambung dengan jaringan tersebut.

2. Gunakan mdk3

Jika Access Point tidak memiliki client, maka cara melihat wifi yang tersembunyi dengan Airodump-ng tidak dapat digunakan. Saat itulah, mdk3 brute force akan menjadi jalan ninjanya. Masukkanlah perintah berikut: “mdk3 wlan0 p -t 20:02:AF:32:D2:61 -f /root/essid.txt”. -t 20: 02: AF: 32: D2: 61 adalah SSID dari wifi yang tersembunyi. Program tersebut akan menghasilkan nama dari wifi yang tersembunyi.

Baca Juga  Cara Melihat Status Whatsapp Tanpa Ketahuan Orang Lain

Kekurangan dari penggunaan mdk3 ini adalah dibutuhkannya waktu yang lama untuk terhubung ke jaringan wifi. Apalagi untuk nama access point yang panjang. Selain itu, aktivitas pemrogramannya juga akan terlihat sangat mencurigakan dari monitor nirkabel.

3. Pakai Netspot

Langkah pertama adalah mendownload dan menginstal NetSpot edisi gratis dari situs https://www.netspotapp.com/. Ikuti petunjuk persiapan dan penginstalan aplikasi yang akan selesai dalam beberapa detik. Kemudian, luncurkan Netspot.

Saat mulai menjalankan NetSpot, pengguna akan melihat prompt yang mendorongnya untuk meningkatkan lisensi ke versi PRO. Tekan next untuk tetap menggunakan versi gratisnya. Tunggu beberapa detik hingga menganalisis spektrum nirkabel di area sekitarnya selesai. Setelah itu, NetSpot akan menampilkan jaringan wifi yang ditemukannya, termasuk wifi yang tersembunyi.

4. Pindai dengan NetSurveyor

NetSurveyor dari Nuts About Nets tampaknya menjadi alat yang lebih profesional karena dilengkapi dengan logging untuk merekam dan memutar data. Selain itu, laporan PDF juga dapat dibuat secara otomatis dari menu File. Laporan tersebut akan menunjukkan jaringan yang ditemukan, kualitas sinyal, penggunaan saluran, dan spektogram saluran. Jaringan wifi yang tersembunyi akan ditampilkan sebagai UNKNOWN_SSID_BSSID dalam program.

5. Gunakan WIFIMAN Untuk Melihat Wifi yang Tersembunyi dari Android

Pertama, download WIFIMAN lewat Google Play Store, lalu install. Setelah itu buka dan langsung saja tekan bagian atas dan centang Show Hidden Network. Jika sudah dicentang maka wifi yang tersembunyi akan segera muncul. Jika keberadaan wifi yang tersembunyi sudah terdeteksi maka pengguna dapat dengan mudah tersambung. Syaratnya, pengguna harus mengetahui nama dan password-nya.

Demikianlah 5 cara melihat wifi yang tersembunyi. Untuk kesimpulannya, sebenarnya perlindungan wifi dengan menyembunyikan nama jaringan adalah cara yang kurang sesuai. Masih ada banyak cara lain yang dapat menampilkan wifi yang tersembunyi. Jadi, jangan berpikir bahwa, dengan menyembunyikan jaringan wifi, maka itu tidak dapat ditemukan dan digunakan oleh orang lain. Tetap gunakan password untuk mengamankan wifi.

By Salman Pangestu

Atau biasa dipanggil Salman. Sebuah nama yang menjadi terciptanya blog sederhana ini. Semoga apa yang saya share dan posting diblog ini bisa membawa manfaat bagi para pembaca. dan juga semoga betah berlama-lama di blog ini ya ^_^